Sekularisasi Ilmu Pengetahuan

Kerangka Makalah
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Manusia di dalam menjalani kehidupan mempunyai tujuan yang lebih tinggi dari sekedar kehidupannya. Inilah menyebabkan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga mendorong manusia menjadi makhluk yang bersifat khas di muka bumi ini. Manusia mempunyai ciri istimewa, pada setiap diri manusia terdapat potensi-potensi untuk bisa dikembangkan  secara kreatif….dst.
B. Rumusan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
A. Tinjauan ontologi mengenai sekularisasi ilmu pengetahuan
B. Tinjauan epistemologi megenai sekularisasi ilmu pengetahuan
C. Tinjauan aksiologi mengenai sekularisasi ilmu pengetahuan
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan


DAFTAR PUSTAKA


SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA ZAMAN ABBASIYAH

KERANGKA MAKALAH
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Sejak lahirnya agama Islam, lahirlah pendidikan dan pengajaran Islam, pendidikan dan pengajaran Islam itu terus tumbuh dan berkembang pada masa Khulafa’ al-Ra>syidu>n, masa Bani Umayyah, dan masa Bani Abbasiyah. Dalam catatan sejarah, pendidikan Islam dari masa ke masa selalu mengalami pasang surut. Setiap periode masing-masing memiliki  karekteristik perkembangan yang beragam sesuai dinamika yang berkembang pada masa itu..dst.

B. Rumusan Masalah
C. Tujuan dan Kegunaan
BAB II PEMBAHASAN
A. Latar Belakang Sosial Politik Berdirinya Dinasti Abbasiyah
B. Perkembangan Pendidikan Islam Zaman Abbasiyah
C. Masa Berdirinya Madrasah Zaman Abbasiyah
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan

DARTAR PUSTAKA




Pengembangan Kecerdasan Ganda

Kerangka Makalah
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Inteligensi adalah sesuatu yang berharga bagi manusia dan juga kehidupannya. Karena sudah bisa dipastikan tanpa inteligensi, peradaban kehidupan manusia ini akan stagnan tanpa perubahan yang berarti, dan tidak ada ubahnya dengan kehidupan binatang. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang mempunyai kejadian atau bentuk yang paling baik dan unik, sehingga menjadikan manusia makhluk yang paling sempurna…dst.    
B. Rumusan Masalah           
C. Tujuan dan Kegunaan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Multiple Intelligences
B. Bentuk-bentuk Multiple Intelligences
C. Pengembangan Multiple Intelligences
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA




Nabi sebagai Kepala Agama & Kepala Negara

KERANGKA MAKALAH
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah  
Salah satu abad terpenting dalam sejarah kehidupan manusia adalah abad keenam sesudah masehi. Menjelang pertengahan abad ini, dunia berada dalam keadaan gelap dan parah dengan keadaan spiritual yang merusak kehidupan spiritual manusia. Keserakahan dan tirani telah menjarah kesejahteraan moralnya, dan penindasan telah melumpuhkan mayoritas penduduknya….dst.
B.     Permasalahan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Kondisi masyarakat Arab sebelum datangnya Islam
B.     Kehidupan Rasulullah saw. sebelum Kenabian
C.    Tantangan dan Penolakan Arab Quraisy Terhadap Seruan Nabi Muhammad Saw.

D.    Strategi Dakwah Nabi saw. sebagai Pemimpin Agama
E.     Posisi Nabi Muhammad sebagai Kepala Negara
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA




MOTIVASI KERJA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN

KERANGKA MAKALAH
BAB   I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu fitrah manusia adalah makhluk individu dan sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk individu ia memiliki keunikan-keunikannya sendiri. Sementara dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, terkandung suatu maksud bahwa manusia bagaimanapun juga tidak dapat terlepas dari individu yang lain…dst.
B. Rumusan Masalah           
C. Tujuan dan Kegunaan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Motivasi Kerja dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya           
B. Motivasi Kerja Tenaga Pendidik dalam Lembaga Pendidikan          
C. Fungsi Motivasi dalam Lembaga Pendidikan

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan          
B. Implikasi
DAFTAR PUSTAKA