SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM MASA RASULULLAH

Kerangka Makalah:
BAB  I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
            Pendidikan Islam sebenarnya sudah ada bersamaan dengan penciptaan Adam as. oleh Allah swt. di permukaan bumi ini. Diciptakannya Adam as. selain menyembah kepada-Nya, ia juga diberikan oleh Allah swt. otoritas untuk mengatur, membina, membimbing dan mengarahkan seluruh potensi alam ke arah yang lebih baik. Sesungguhnya dengan kapasitas itulah  Nabi Adam as. memilki tugas ganda…dst.
B. Rumusan Masalah
BAB II
PEMBAHASAN
A. Biografi Rasulullah saw.
B. Tahapan pendidikan Islam pada fase Mekkah
C. Lembaga Pendidikan dan Sistem Pengajaran Rasulullah saw.di Mekkah dan Madinah
BAB III
P E N U T U P
A. Kesimpulan
B. Implikasi
DAFTAR PUSTAKA









           





‘ULUMUL QUR’AN DAN RUANG LINGKUP BAHASANNYA

Kerangka Makalah: 
BAB  I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Al-Qur’an sebagai kalam Allah SWT, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui malaikat Jibril, merupakan kitab suci umat Islam yang akan tetap terpelihara sepanjang masa. Salah satu ayat di dalam al-Qur’an menjelaskan bahwa al-Qur’an benar-benar dijamin dan tetap terpelihara dan sebagai petunjuk, sebagaimana dalam firman Allah SWT, yang berbunyi...dst.

B.       Rumusan Masalah

BAB  II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian ’Ulum al-Qur’an
B. Perkembangan Ulumul Qur’an
C.  Ruang Lingkup Pembahasan ”Ulumul Qur’an.
D. Urgensi Ulumul Alquran Dalam menafsirkan Alquran.
                                                             
BAB  II
P E N U TU P
A.       Kesimpulan                                               
B.       Implikasi
 
DAFTAR PUSTAKA




ILMU JARH WA TA’DIL STUDI ATAS KITAB TAHDZIB WA TAHDZIB

Kerangka Makalah:
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Al-Qur’an dan Al-Hadits merupakan sumber hukum Islam yang pertama dan kedua, kemudian para ulama sepakat menetapkan  ijtihad sebagai  sumber hukum yang ketiga, hal ini didasarkan pada dialog Rasulullah saw. dengan Muazd bin Jabal ketika Rasulullah saw. mengutusnya  ke Syam  untuk menyelesaikan beberapa perkara…dst.

B. Rumusan Masalah
BAB II
PEMBAHASAN

A. Ruang Lingkup Ilmu Jarh wa Ta’dil      
B. Ilmu Jarh wa Ta’dil Dalam Tinjauan Kitab Tahdzib wa Tahdzib  
BAB III
P E N U T U P
A. Kesimpulan
B. Implikasi   

DAFTAR  PUSTAKA

KEMUNDURAN DAN KEHANCURAN DINASTI ABBASIYAH

Kerangka Makalah:
BAB I     
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam fakta sejarah, bahwa sepanjang kehidupan manusia selama mengenal hidup berkelompok dan berinteraksi antar sesamanya selalu saja membutuhkan pengarah atau pemimpin. Pemimpin ada yang dipilih secara demokratis oleh rakyat, ada juga yang melalui penunjukkan oleh tokoh masyarakat setempat. Kedua metode ini ternyata tidak memberikan jaminan keamanan atas kelangsungan pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Khalifa, Presiden  dan pemimpin lainnya…dst.
B. Rumusan Masalah
BAB II
PEMBAHASAN
A.  Proses Pemerintahan Dinasti Abbasiyah Pada  Akhir  Kekuasaannya.
B. Faktor-Faktor Kemunduran dan Kehancuran Dinasti Abbasiyah.
BAB III
P E N U T U P
A. Kesimpulan
B. Implikasi

DAFTAR PUSTAKA

ABU YAZID AL-BUSTHAMI DAN AL-HALLAJ

Kerangka Makalah:
BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
            Makhluk yang bernama manusia sangat jauh berbeda dengan makhluk ciptaaan Allah yang lainnya, seperti kambing, sapi, kerbau dan lain-lain.  Eksistensi manusia di permukaan bumi  selain  dibekali oleh Allah swt. berupa modal jasadiyah, ruhiyah dan sakhafiyah yang berfungsi untuk mempertahankan hidup dan juga diberi potensi berupa garaiz (naluri-naluri)  yang berfungsi untuk pemenuhun kebutuhan spritual yang orientasinya adalah pemurnian aqidah…dst.
B.  RUMUSAN MASALAH
BAB II
PEMBAHASAN
A.   Biografi dan konsep ajaran Abu Yazid al-Bustami
B.  Biografi dan Konsep ajaran al-Hallaj
BAB III
KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA



HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN

Kerangka Makalah:
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ilmu pengetahuan merupakan produk kegiatan berfikir manusia untuk meningkatkan kualitas kehidupannya dengan jalan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh. Karena itulah ilmu pengetahuan akan melahirkan pendekatan baru dalam berbagai penyelidikan. Hal ini menunjukkan studi tentang keilmuan tidak akan berhenti untuk dikaji bahkan berkembang sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi..dst.
B. Rumusan Masalah
BAB II
PEMBAHASAN
A. Ontologi Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Filsafat Ilmu    
B. Epistimologi ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat ilmu   
C. Aksiologi Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Filsafat Ilmu
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Implikasi
DAFTAR PUSTAKA






Beberapa Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia dan Implementasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam

Beberapa Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia dan Implementasinya
Pada  Lembaga Pendidikan Islam
Kerangka Makalah:
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar BelakangMasalah
Aspek-aspek sumber daya manusia yang dapat diorganisir untuk dijadikan sebagai modal dalam pengembangan dan percepatan pembangunan bangsa dalam berbagai bidang , kususnya pembangunan dalam bidang pendidikan yang mendorong peningkatan kualitas peserta didik adalah ; guru memiliki kecerdasan intelektual yang universal, memiliki kecerdasan emosional yang mapan dan memiliki kecedasan spritual yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat dengan baik…dst.
B. Rumusan Masalah
BAB II
PEMBAHASAN
A. Aspek-aspek Sumber Daya Manusia
B.  Manajemen Sumber Daya Manusia berorientasi Perubahan
C. Tahapan dalam Proses Manajemen SDM
D. Relevansi Manajemen Perubahan SDM pada  Lembaga pendidikan Islam.                                                         

BAB III
P E N U T U P
A. Kesimpulan
B. Implikasi
DAFTAR PUSTAKA




































MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA

MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA
Kerangka Makalah:
BAB I
PENDAHULUAN
A. Lalatar Belakang Masalah
Dalam kelas-kelas yang ideal, siswa memberikan perhatian, bertanya dan ingin belajar. Mereka melakukan tugas tanpa protes, belajar tanpa dibujuk. Namun, guru tidaklah mengajar dalam dunia ideal. Mereka sering memiliki siswa yang tidak termotivasi. Siswa yang tidak kelihatan termotivasi untuk mengerjakan tugas dari gurunya harus dikemukakan bagi mereka...dst.
B. Rumusan Masalah
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pemberian Motivasi Belajar Pada Peserta Didik
B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta Didik
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA










MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM

MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Kerangka Makalah:
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kurikulum merupakan alat yang tidak dapat dipisahkan dengan lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan suwasta maupun negeri, karena muatan yang terdapat  dalam kurikulum adalah suatu desain pembelajaran yang terrencana, terpola, terarah, sistematis serta dapat terukur…dst.
B. Rumusan Masalah
BAB II
PEMBAHASAN
A. Landasan Pengembangan Kurikulum
B. Prinsip pengembangan kurikulum
C. Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Implikasi                      


DAFTAR PUSTAKA