SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA ZAMAN ABBASIYAH

KERANGKA MAKALAH
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Sejak lahirnya agama Islam, lahirlah pendidikan dan pengajaran Islam, pendidikan dan pengajaran Islam itu terus tumbuh dan berkembang pada masa Khulafa’ al-Ra>syidu>n, masa Bani Umayyah, dan masa Bani Abbasiyah. Dalam catatan sejarah, pendidikan Islam dari masa ke masa selalu mengalami pasang surut. Setiap periode masing-masing memiliki  karekteristik perkembangan yang beragam sesuai dinamika yang berkembang pada masa itu..dst.

B. Rumusan Masalah
C. Tujuan dan Kegunaan
BAB II PEMBAHASAN
A. Latar Belakang Sosial Politik Berdirinya Dinasti Abbasiyah
B. Perkembangan Pendidikan Islam Zaman Abbasiyah
C. Masa Berdirinya Madrasah Zaman Abbasiyah
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan

DARTAR PUSTAKA




Pengembangan Kecerdasan Ganda

Kerangka Makalah
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Inteligensi adalah sesuatu yang berharga bagi manusia dan juga kehidupannya. Karena sudah bisa dipastikan tanpa inteligensi, peradaban kehidupan manusia ini akan stagnan tanpa perubahan yang berarti, dan tidak ada ubahnya dengan kehidupan binatang. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang mempunyai kejadian atau bentuk yang paling baik dan unik, sehingga menjadikan manusia makhluk yang paling sempurna…dst.    
B. Rumusan Masalah           
C. Tujuan dan Kegunaan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Multiple Intelligences
B. Bentuk-bentuk Multiple Intelligences
C. Pengembangan Multiple Intelligences
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA




Nabi sebagai Kepala Agama & Kepala Negara

KERANGKA MAKALAH
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah  
Salah satu abad terpenting dalam sejarah kehidupan manusia adalah abad keenam sesudah masehi. Menjelang pertengahan abad ini, dunia berada dalam keadaan gelap dan parah dengan keadaan spiritual yang merusak kehidupan spiritual manusia. Keserakahan dan tirani telah menjarah kesejahteraan moralnya, dan penindasan telah melumpuhkan mayoritas penduduknya….dst.
B.     Permasalahan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Kondisi masyarakat Arab sebelum datangnya Islam
B.     Kehidupan Rasulullah saw. sebelum Kenabian
C.    Tantangan dan Penolakan Arab Quraisy Terhadap Seruan Nabi Muhammad Saw.

D.    Strategi Dakwah Nabi saw. sebagai Pemimpin Agama
E.     Posisi Nabi Muhammad sebagai Kepala Negara
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA




MOTIVASI KERJA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN

KERANGKA MAKALAH
BAB   I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu fitrah manusia adalah makhluk individu dan sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk individu ia memiliki keunikan-keunikannya sendiri. Sementara dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, terkandung suatu maksud bahwa manusia bagaimanapun juga tidak dapat terlepas dari individu yang lain…dst.
B. Rumusan Masalah           
C. Tujuan dan Kegunaan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Motivasi Kerja dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya           
B. Motivasi Kerja Tenaga Pendidik dalam Lembaga Pendidikan          
C. Fungsi Motivasi dalam Lembaga Pendidikan

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan          
B. Implikasi
DAFTAR PUSTAKA













METODE KRITIK SANAD

KERANGKA MAKALAH
BAB I
PENDAHULUAN
             A.     Latar Belakang Masalah
Hadis Nabi Muhammad saw. selain  sebagai sumber  ajaran  Islam yang kedua setelah al-Qur’a>n, juga berfungsi sebagai sumber sejarah dakwah atau perjuangan Rasulullah. Hadis juga mempunyai fungsi penjelas bagi al-Qur’a>n, menjelaskan yang global, mengkhususkan yang umum dan menafsirkan ayat-ayat    al-Qur’a>n. Memposisikan hadis secara struktural sebagai sumber ajaran Islam yang kedua atau secara  fungsional sebagai bayan (penjelasan) terhadap al-Qur’a>n merupakan suatu keniscayaan…dst.
             B.         Rumusan Masalah
C.      Tujuan / Kegunaan
BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian dan Sejarah Kritik Sanad Hadis
B.       Unsur-Unsur Kaidah Mayor Kesahihan Sanad Hadis
C.      Unsur-unsur kaidah Minor Kesahidan Sanad Hadis
D.  Contoh Kritik Sanad  
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA






Badan Hukum Pendidikan dan Otonomi Perguruan Tinggi

Kerangka Makalah
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Membicarakan eksistensi badan hukum pendidikan dan otonomi perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah. Dua masalah ini adalah masalah yang cukup serius dalam dunia pendidikan. Terjadi banyak pertentangan dari banyak kalangan terkait keduanya…dst.
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan dan Kegunaan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Badan Hukum Pendidikan dan Otonomi Perguruan Tinggi
B. Perguruan Tinggi sebagai Badan Hukum Pendidikan (BHP)
C. Hubungan Badan Hukum Pendidikan dan Otonomi Perguruan Tinggi
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA









JAM'UL QUR'AN WA KITABATUHU

KERANGKA MAKALAH

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.   Tujuan dan Kegunaan

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Jam’ul al-Qur’a>n
B.     Pengumpulan al-Qur’a>n  pada Masa Nabi
C.     Pengumpulan al-Qur’a>n pada Masa Khulafa’ al-Ra>syidu>n
D.    Usaha  Lanjutan  Pengumpulan dan Pemeliharaan al-Qur’a>n  
   Pasca  Khulafa’ al-Ra>syidu>n
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.   Implikasi

DAFTAR PUSTAKA







   




AL-GHAZALI

KERANGKA MAKALAH
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah

BAB II
PEMBAHASAN
A. Biografi Al-Ghazāli
B.  Kritik al-Ghazali terhadap para Filosof
C. Pengembaraan Intelektual dan Pergolakan Batin menuju 
     Kehidupan Sufistik
D. Konsep Makrifat al-Ghazali
E. Mendamaikan antara Syari’ah dan Tasawwuf
F. Pengaruh Al-Ghazali di Dunia Islam

BAB III
PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA